Abstract:
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat mendorong proses belajar mengajar. Pada proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dimana pengajar sebagai pusat pembelajaran dengan memberikan atau membaca modul materi pelajaran kemudian siswa mendengarkan, mencatat, dan menyelesaikan masalah yang diberikan oleh pengajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII dan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan research and development, menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Investigation, dan Evaluation). Selain melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif, penelitian ini juga menghasilkan kelayakan yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif meliputi hasil uji kelayakan validitas oleh ahli materi dan ahli media. Hasil kepraktisan meliputi hasil angket oleh peserta didik dan guru. Hasil uji keefektifan meliputi hasil belajar peserta didik dengan menganalisis data yang didapat pada tes awal dan tes akhir, analisis data tersebut berupa uji N-Gain. Media pembelajaran interaktif berbasis web yang telah dikembangkan telah memenuhi beberapa aspek yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam mendukung proses belajar mengajar.
Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, sistem persamaan linear dua variabel, problem based learning