Abstract:
ABSTRAK
Yulian D1A215246, 2022, Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser Instagram (Selebgram) Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Tokopedia di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Fitriyadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara parsial dan simultan pengaruh promosi online dan celebrity endorser instagram (selebgram) terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Tokopedia di kota Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, tipe penelitian ini adalah eksplanatori. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus Ferdinand sehingga diperoleh 50 responden yang dijadikan sampel penelitian. Data yang digunakan diambil dari kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Secara parsial Promosi Online berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada aplikasi Tokopedia di Kota Banjarmasin dengan pengaruh sebesar 19,4%, (2) Secara parsial Celebrity Endorser Instagram (Selebgram) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada aplikasi Tokopedia di Kota Banjarmasin dengan pengaruh sebesar 29,6%, (3) Secara simultan (bersama-sama) Promosi Online, dan Celebrity Endorser Instagram (Selebgram) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada aplikasi Tokopedia di Kota Banjarmasin dengan pengaruh sebesar 49%.
Kata Kunci : Promosi Online, Selebgram, dan Keputusan Pembelian.