Abstract:
Hariansyah, Penelitian ini berjudul “Analisis Preferensi Konsumen Beras Putih Berlabel Terhadap Atribut Beras di Kota Banjarbaru”, dibawah bimbingan Dr. Ir. H. Muhammad Fauzi, MP dan Dr. Yudi Ferrianta, SP., MP.
Penelitian ini bertujuan menganalisis preferensi konsumen beras putih berlabel terhadap atribut beras di Kota Banjarbaru.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Banjarbaru pada bulan Maret 2022. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat perkotaan yang ada di Kota Banjarbaru yang mengkonsumsi produk beras putih berlabel baik yang membeli di pasar tradisional maupun yang membeli di pasar retail modern. Penentuan jumlah responden diambil sebanyak 80 orang, yang terdiri dari 40 responden dipasar retail modern dan 40 responden di pasar tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa konjoin.
Dari hasil penelitian, preferensi utama yang akan mempengaruhi konsumen beras putih berlabel adalah beras yang harga berasnya murah, merknya terkenal dan ukuran berasnya yang berkisar antara 5-10 kg dengan desain kemasan yang menyolok. Tingkat kepentingan atribut harga beras memiliki nilai paling tinggi secara keseluruhan yaitu sebesar 74,307%, sementara atribut ukuran menduduki peringkat kedua dengan persentase sebesar 11,398%, atribut merk di tempat ketiga dengan persentase sebesar 7,280?n atribut kemasan ditempat keempat dengan persentase sebesar 7,014%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, beras putih berlabel dengan harga yang murah, merk terkenal dan ukuran yang berkisar 5 – 10 kg dengan desain kemasan yang memyolok akan berpeluang besar untuk mendapatkan pemasaran yang baik di Kota Banjarbaru.