Abstract:
Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila media pembelajaran yang dipilih mengikuti perkembangan teknologi dan seni (IPTEKS). Salah satu penunjang proses pembelajaran agar berlangsung dengan baik dan harus mengikuti perkembangan teknologi adalah media pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis prezi pada materi pertumbuhan ekonomi. (2) Mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pertumbuhan ekonomi menggunakan media prezi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research an Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan dalam pengembangannya yaitu tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis prezi berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi dan respon siswa kelompok kecil serta kelompok besar memperoleh skor rata-rata 4,36 dengan kriteria sangat baik dan nilai persentase sebesar 87,35?ngan kategori sangat layak. Tingkat pemahaman siswa belajar dengan menggunakan media pembelajaran prezi juga tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase 78,4%.