Abstract:
ABSTRAK
Siti Maysarah, 1710412220024, 2021. Pengaruh Return On Investment (ROI) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham di Perusahaan Manufaktur di Sektor Industri Barang Konsumsi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 – 2019. Di bawah bimbingan Nurul Wahyuni dan Sugiharto.
Alasan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Return on Investment (ROI) (X1) dan earnings per share (EPS) (X2) dibandingkan dengan harga saham (Y) pada perusahaan manufaktur di industri consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada 2015-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh produsen di sektor industri consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 hingga 2019. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Oleh karena itu, sampel untuk penelitian ini hanya 6 perusahaan manufaktur di industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia yang memenuhi persyaratan atau kriteria yang ditentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laba atas investasi sebagian (ROI) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, dengan tingkat signifikansi 0,008 < 0,05 dengan nilai kontribusi efektif sebesar 10,40%. Laba per saham parsial (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, tingkat signifikansi diketahui sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai kontribusi efektif sebesar 40,63%. Dan secara bersamaan, return on investment (ROI) dan earnings per share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Tingkat pengaruhnya adalah 51 dengan tingkat yang sangat kuat.
Kata Kunci: ROI, EPS, Harga Saham