Abstract:
ABSTRAK
Muhammad Ammar Ma'ruf, D1C115068, 2022, Komunikasi Dakwah Online Melalui Instagram (Analisis Wacana Pemanfaatan Pesan Dakwah Ustadz Khalid Basalamah), Dibimbing oleh Siswanto Rawali dan Noviana Sari.
Komunikasi dakwah adalah proses penyampaian agama islam dari seseorang kepada orang lain serta seruan kebaikan terhadap masyarakat luas. Di era digital sekarang ini ada dakwah yang dapat dilaksanakan secara online melalui platform media sosial dimana didalam akun media sosial tersebut terdapat beberapa video yang memberikan motivasi yang bersifat dakwah dalam islam yang bersifat seruan tetapi lebih kepada konstruksi pesan dalam konteks Agama Islam sehingga peneliti ingin menganalisis isi pesan dakwah dalam video tersebut apakah pesannya lebih condong ke aqidah, akhlaq, syariat, muamalat. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menelaah isi dari Instagram Khalid Basalamah. menggunakan analisis wacana kritis yakni komunikasi dengan model analisis wacana (discourse analysis) milik Van Dijk yang terdiri dari empat aspek yakni meneliti tentang tahap interpretasi, pesan latent, level makro dan mikro dan generalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun instagram @khalidbasalamahofficial menggunakan fitur pada umumnya media sosial instagram yakni format video, format gambar, fitur captions, fitur mentions, fitur hashtag, dan fitur comments dalam memanfaatkan Instagram sebagai media untuk menyebarkan pesan-pesan Islamiyah secara efektif. Terdapat tiga karakteristik dari teori ini yaitu: Interactivity, bermakna terjadi komunikasi dua arah baik da’i selaku komunikator maupun ke mad’u selaku komunikan. Demassification, bermakna kontrol sistem komunikasi bergeser dari da’i ke mad’u yaitu kebebasan mad’u menerima pesan dakwah yang disampaikan da’i sesuai dengan kebutuhan mereka. Asynchroneity, bermakna kemampuan untuk menentukan waktu pengiriman dan penerimaan pesan pada waktu yang ditentukan dan aspek interpersonal seperti mengirim, menerima dan menyimpan pesan dakwah online sesuai kebutuhan. Komunikasi dakwah secara online menggunakan Instagram ditengah pandemi Covid-19 cukup efektif. Hal ini berdasarkan tingginya jumlah follower di laman media sosial Instagram dari Ustadz Khalid Basalamah serta respon positif yang diberikan follower pada kajian online ini melalui feedback yang disampaikan dalam kolom komentar dan disaat live IG.
Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Komunikasi Dakwah, Media Sosial, Instagram