Abstract:
Abstrak. Penerapan UDL ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menyesuaikan kurikulum, menyesuaikan cara penyampaian materi pembelajaran, dan menilai peserta didik dengan cara sederhana. Salah satu prinsip UDL adalah kurikulum harus dibuat dengan mencakup alternatif-alternatif tertentu sehingga kurikulum tersebut sesuai dengan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Literatur atau Studi Kepustakaan (Library Research). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Universal Design for Learning (UDL) untuk anak tunagrahita serta hambatan dan solusinya. Jurnal yang digunakan sebanyak 20 buah jurnal dengan tahun publikasi sepuluh tahun terakhir melalui proses screening sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan UDL merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran di kelas terutama untuk pembelajaran anak tunagrahita. UDL diperlukan untuk menentukan rancangan dan implementasi kegiatan pembelajaran yang efektif sehingga praktik penerapan UDL dapat diintegrasikan dengan lebih baik ke dalam pengaturan pendidikan inklusif. UDL juga mengurangi hambatan belajar sekaligus meningkatkan kesempatan belajar siswa dengan hambatan intelektual. 2) Hambatan pada penerapan UDL yakni kurangnya minat dan motivasi untuk menerapkan dan mempelajari UDL di sekolah inklusi maupun di perguruan tinggi dikarenakan kurang kesadaran guru dan sekolah mapun perguruan tinggi akan pentingnya menerapkan UDL. 3) Solusi yang dilakukan dengan menerapkan kerangka pembelajaran UDL di sekolah dan sekolah mengadakan pelatihan untuk guru mengenai penerapan UDL.