Abstract:
Muthmainah, D1A215231, pengaruh marketing syariah dan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dibawah bimbingan Maryono.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh langsung dan tidak langsung marketing syariah dan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory. sampel diambil sebanyak 150 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik accidental sampling. pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan bantuan program smart PLS versi 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan marketing syariah terhadap loyalitas pelanggan pada business center hni-hpai banjarmasin, dengan besar pengaruh 0,035 atau 3,5%, kemudian terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada business center hni-hpai banjarmasin, dengan besar pengaruh 0,038 atau 3,8%, kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan marketing syariah terhadap kepuasan pelanggan pada business center hni-hpai banjarmasin, dengan besar pengaruh 0,193 atau 19,3%, kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan pada business center hni-hpai banjarmasin, dengan besar pengaruh 0,631 atau 63,1%, kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada business center hni-hpai banjarmasin, dengan besar pengaruh 0,785 atau 78,5%.
Kata kunci: marketing syariah, relationship marketing, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan