Abstract:
Banyaknya keberadaan lumut di lingkungan dapat dijadikan sebagai sumber belajar siswa. Kelebihan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu membuat siswa mendapatkan informasi berdasarkan pengalaman langsung, lebih komunikatif, membuat pelajaran lebih nyata, serta membuat siswa mengenal dan mencintai lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan, kesesuaian, keterbacaan, dan respon peserta didik terhadap buku saku tumbuhan lumut di sekitar danau sari embun kabupaten tanah laut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-d (four d). Hasil pengembangan buku saku berbasis (5M) materi keragaman tumbuhan lumut di area Danau Sari Embun Kabupaten Tanah Laut mendapatkan rerata skor kesesuaian dari subjek ahli sebesar 4,52 yang termasuk kategori sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Uji kelayakan mendapatkan rerata skor kelayakan dari subjek ahli sebesar 4,33 yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai bahan pembelajaran. Uji keterbacaan mendapatkan rerata skor keterbacaan oleh peserta didik sebesar 90,45% yang termasuk dalam kategori sangat baik untuk dibaca peserta didik. Uji respon peserta didik mendapatkan rerata skor sebesar 4,67 yang termasuk dalam kategori sangat positif ketika digunakan sebagai bahan belajar pada proses pembelajaran. Penelitian tentang keragaman organisme di area Danau Sari Embun Kabupaten Tanah Laut masih bisa digali potensi yang berkaitan dengan kearifan lokal. Upaya promosi dan pengenalan daerah danau sari embun sangat diperlukan agar kawasan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal khususnya dalam bidang pendidikan.