Abstract:
Tinggal di pondok pesantren dan memiliki kewajiban untuk mengikuti segala kegiatan dan peraturan yang terkadang menimbulkan beberapa permasalahan serta tekanan sosial dan akademik terhadap santriwati yang seringkali tidak disadari muncul membuat individu merasa memiliki tanggung jawab yang lebih besar dengan hal yang dikerjakan. Sekolah yang baik diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik untuk siswa agar merasakan kesejahteraan di sekolah karena kesejateraan siswa dapat mempengaruhi hampir seluruh aspek bagi optimalisasi fungsi siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic optimism dengan student well-being pada santriwati tahun pertama An-Najah. Sampel penelitian sebanyak 150 santriwati tahun pertama An-Najah. Skala yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari skala academic optimism dan skala student well-being. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara academic optimism dengan student well-being, artinya menunjukkan diterima hipotesis alternatif (Ha) dan ditolak hipotesis Nul (H0). Hasil uji korelasi menunjukkan arah hubungan yang dimiliki antara kedua variabel penelitian bersifat positif yang artinya semakin tinggi academic optimism maka semakin tinggi pula student well-being pada santriwati.
Kata kunci: Academic optimism, student well-being, santriwati