Abstract:
Strategi pengembangan adalah organisasi/lembaga yang mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Salah satu tempat liburan Kalimantan Selatan adalah di Kabupaten Tanah Laut. Wilayahnya yang strategis dikelilingi oleh pegunungan, hutan, air terjun, dan lainnya yang menawarkan berbagai keindahan. Air Terjun Bajuin menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan tentunya dianggap sebagai salah satu air terjun yang ada di desa Sei Bakar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan objek wisata Air Terjun Bajuin di Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek wisata Air Terjun Bajuin menggunakan analisis SWOT yang termasuk dalam kuadran I, artinya objek wisata Air Terjun Bajuin memiliki peluang dan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dan strategi yang digunakan adalah strategi SO (strength and opportunity), metode ini memanfaatkan semua kekuatan untuk menangkap peluang dan memanfaatkannya peluang sepenuhnya.