Abstract:
ABSTRAK
Wiwin Isana, NIM. 2020421320012, 2022. Kualitas Pelayanan Pejabat Pengelola
Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada Dinas Komunikasi, Informatika dan
Persandian Kabupaten Barito Utara. Tesis Program Studi Magister Ilmu
Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung
Mangkurat. Di bawah bimbingan jamaluddin (I) dan Andi Tenri Sompa (II).
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Kualitas Pelayanan Pejabat
Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pada Dinas Komunikasi, Informatika
dan Persandian Kabupaten Barito Utara dan faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi Kualitas Pelayanan. Jenis penilitian yang digunakan adalah
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara
serta dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa hasil
pengukuran dalam 5 (lima) dimensi Kualitas Pelayanan Pejabat Pengelola Informasi
dan Dokumentasi (PPID) pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian
Kabupaten Barito Utara, menunjukan secara keseluruhan sudah cukup baik. Dimensi
Tangible (Bukti Langsung) menunjukan bahwa penampilan pegawai dalam melayani
sudah cukup baik, namun ada sedikit tantangan didalam sarana dan prasarana yaitu
ruangan kerja yang kecil, akan tetapi hal ini tidak menjadi kendala didalam
optimalisasi kualitas pelayanan yang diberikan. Dimensi Responsivenes (Daya
Tanggap) menunjukan pelayanan yang cepat dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat telah terlaksana dengan baik, namun ada sedikit tantangan terkait
kurangnya jumlah pegawai dalam mengelola informasi dan dokumentasi, akan tetapi
hal ini tidak menjadi kendala didalam optimalisasi kualitas pelayanan yang diberikan.
Dimensi Assurance (Jaminan) menunjukan keamanan dalam pelayanan dan
kesopanan para pegawai sudah terlaksana cukup baik. Dimensi Empathy (Empati)
menunjukan bahwa sarana komunikasi dan perhatian pegawai kepada
pelanggan/pengunjung sudah terlaksana cukup baik. Dimensi Reability (Keandalan)
menunjukan kecermatan pegawai saat melayani sudah cukup baik, ini terlihat dari
tidak adanya kesalahan dan keluhan dalam memberikan pelayanan. Adapun faktorfaktor
apa yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan
Dokumentasi (PPID) Pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian
Kabupaten Barito Utara, adalah kurang aktifnya Pejabat Pengelola Informasi dan
Dokumentasi (PPID), dan tidak lengkapnya informasi publik terkait dokumendokumen
kegiatan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
(PPID), Kabupaten Barito Utara.