Abstract:
abstrak noor fajrie ramadhan, 1710414310043, langkah langkah public relation pt. adaro indonesia dalam meningkatkan citra perusahaan siswanto rawali dan putri ayu hidayatur rafiqoh. citra bagi suatu perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. bagian hubungan masyarakat (humas) memiliki tanggungjawab besar untuk menjaga citra perusahaan di mata stakeholder. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana straegi humas pt. adaro indonesia dalam meningkatkan citra perusahaan. metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif yaitu meliputi penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukan bahwa langkah langkah yang dilakukan oleh humas pt. adaro indonesia dalam meningkatkan citra perusahaan adalah: (1) melakukan fact finding and feedback, yaitu mencari dan menemukan fakta dilapangan terkait opini, sikap, dan reaksi public atas kebijakan perusahaan. (2) melakukan planning and programming, yaitu kegiatan perencanaan dan penyusunan program kerja berdasarkan hasil penelitian dan temuan fakta sebelumnya. (3) melakukan action and communicating, yakni menjalankan program sesuai dengan fakta yang ada sehingga dapat menyampaikan pesan efektif yang bisa memengaruhi opini publik. (4) melakukan evaluation, yaitu melakukan penilaian dan pemeriksaan terhadap program yang sudah dilaksanakan. kata kunci : langkah langkah public relation, citra perusahaan, agenda setting