Abstract:
ABSTRAK
SYAHRIL (1920419310029) Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian
Agama Kabupaten Barito Kuala. Dibawah bimbingan Muhammad
Riduansyah Syafari dan Muslih Amberi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kinerja Pegawai Pada
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala dan untuk mengidentifikasi
faktor-faktor pendukung dan penghambat Kinerja Pegawai Pada Kantor
Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala. Dilihat dari Kinerja pegawai Kantor
Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala dalam penyelenggaraan pelayanan
Haji dan Umroh, Pembinaan RA, MI, MTs, dan MA dan Bimbingan Kepada
Masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode Metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, Observasi dan dukomentasi. informan kunci dalam penelitian ini
pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala dan masyarakat
pengguna layanan. Data yang berhasil dikumpulkan akan di analisis dengan
menggunakan analysis interactive model dari Miles dan Huberman.
Kinerja pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala
dalam penyelenggaraan pelayanan Haji dan Umroh, Pembinaan RA, MI, MTs, dan
MA dan Bimbingan Kepada Masyarakat Kementerian Agama dilihat dari
pengetahuan, kemampuan dan keterampilan pekerjaan/ Komptensi, Sikap kerja
yang diekspresikan sebagai antusiasme, komitmen dan motivasi, Kualitas pekerjaan
yang dihasilkan dan Interaksi didalam Kantor dan diluar Kantor (masyarakat,
lembaga dan pemerintah daerah) sudah dapat dikatakan BAIK. Dengan faktor
pendukung Sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari pimpinan yang
baik, Sistem Informasi Manajemen dan Pembimbing yang telah bersertifikasi.
Faktor Penghambat Kinerja Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten
Barito Kuala adalah : Terbatasnya anggaran dan Kurangnya kedisiplinan pegawai
dalam mengelola waktu kerja, Jaringan Internet yang tidak merata bisa diterima
semua satuan kerja dan operator yang belum bersertifikat sebagai operator IT.
Disarankan adanya kerjasama (koordinasi) yang baik antara pihak, untuk
lebih sering melakukan kegiatan lapangan bimbingan keagamaan. Perlu juga pinjer
Print dan evaluasi setiap bulan terhadap waktu masuk dan pulang kerja para
pegawai Kementerian Agama Kabupaten Barito Kuala serta merekrut tenaga ahli
dibidang IT (operator)
Kata Kunci : Kinerja, pelayanan, publik.