Abstract:
Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Teknologi yang dapat dimanfaatkan dan sering digunakan untuk media pembelajaran adalah smartphone yang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) gambaran penggunaan aplikasi media pembelajaran berbasis android untuk anak autis berdasarkan studi literatur. 2) manfaat dari penggunaan aplikasi media pembelajaran berbasis android untuk anak autis berdasarkan studi literatur. 3) hambatan dan solusi penggunaan aplikasi media pembelajaran berbasis android untuk anak autis berdasarkan studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data, yakni sumber data primer dan sekunder. Teknik keabsahan data ialah triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian studi literatur dengan analisis jurnal sebanyak 20 buah menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan perangkat smartphone dan tablet dengan jumlah jurnal sebanyak 10 buah, 6 buah jurnal yang aplikasi media pembelajaran terpasang pada perangkat smartphone, dan 1 buah jurnal masing-masing aplikasi media pembelajarannya terpasang pada perangkat kinect, komputer, tablet dan iPad. Manfaat dari penggunaan aplikasi media pembelajaran adalah dapat menjadikan guru dan orangtua lebih mudah dalam memberikan pembelajaran kepada anak autis, selain itu anak autis juga lebih tertarik dengan media pembelajaran berbasis teknologi. Hambatan dalam penggunaan aplikasi media pembelajaran yaitu kurangnya subjek penelitian, terbatasnya waktu penelitian, subjek penelitian memiliki hambatan yang berat, dan ketidak tertarikan subjek pada aplikasi media pembelajaran. Solusi yang dilakukan adalah dengan penambahan subjek penelitian dan waktu penelitian, mengkondisikan subjek agar tertarik dengan aplikasi media pembelajaran