Abstract:
Penelitian ini tentang Keterampilan Vokasional Anak Tunarungu yang mengalami masalah dalam kelas keterampilannya salah satunya pada tata rias, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan vokasional tata rias anak tunarungu dengan menggunakan media video tutorial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A, A pertama merupakan fase baseline 1, B merupakan fase intervensi, dan A kedua merupakan fase baseline 2. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswi tunarungu yang duduk di bangku kelas IX SMPLB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes dengan pencatatan data kejadian (magnitude) yang dibantu 3 pengamat. Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan keterampilan vokasional tata rias ke arah yang lebih baik. Terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A1) mean level sebesar 35%, kemudian selama kondisi intervensi (B) mean level sebesar 60,3?n selama kondisi baseline 2 (A2) mean level sebesar 82%. Hasil overlap nya dari A1 ke B adalah 0?n B ke A2 adalah 0%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap keterampilan vokasional tata rias anak tunarungu. Peningkatan terjadi karena intervensi yang dilakukan peneliti dengan menggunakan media video tutorial yang efektif untuk meningkatkan keterampilan vokasional tata rias anak tunarungu.