Abstract:
Abstrak. Permasalahan pada penelitian dilatar belakangi oleh pengelolaan pembelajaran masa pandemik covid-19 di SDN-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) perencanaan di SDN-SN 3 Banjarmasin 2) pelaksanaan di SDN-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. 3) pengorganisasian di SDN-SN Pasar lama 3 Banjarmasin, 4) evaluasi di SDN-SN Pasar lama 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Metode dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, walikelas dan guru pendamping khusus. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data dengan penegasan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa; 1) penyusunan perencanaan seperti RPP, Silabus, dan lain-lain sama saja seperti sebelum dan sesudah masa pandemik covid-19, 2) pelaksanaan bergantian, tetapi lebih sering dilakukan secara daring. Pelaksanaan pembelajaran ini memang berbeda dari sebelum pandemik covid-19 karena tidak dapat dilakukan tatap muka dengan jumlah siswa yang banyak, 3) pengorganisasian pembelajaran dilakukan secara individu, pemberian soal yang dilakukan oleh guru, supaya anak tunagrahita tetap dengan pengawasan guru pendamping khusus, 4) evaluasi pembelajaran anak tunagrahita di SDN-SN Pasar lama 3 Banjarmasin disamaratakan dengan peserta didik pada umumnya karena belum memiliki kriteria khusus penilaian yang khusus. Penilaian terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotorik.
Kata kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Anak Tunagrahita, Pembelajaran Daring