Abstract:
Maudina Syafira Ridhani, 1810414220004, 2022. Strategi Komunikasi Komunitas Puwan dalam Membangun Pemberdayaan Perempuan Melalui Media Sosial Instagram @puwan.id Pada Remaja di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Sarwani.
Strategi komunikasi menjadi salah satu cara mencapai ke efektifan suatu komunikasi. Komunikasi akan dianggap efektif jika melewati empat tahapan dari strategi komunikasi yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan seleksi penggunaan media (Anwar Arifin, 2008). Komunitas Puwan merupakan komunitas pemberdayaan perempuan yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai wadah penyebaran pesan. Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi yang digunakan oleh komunitas Puwan dalam membangun pemberdayaan perempuan pada remaja di Banjarmasin lewat akun Instagram @puwan.id. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi Puwan dalam membangun pemberdayaan perempuan pada remaja di Banjarmasin lewat akun Instagram @puwan.id. Penelitian ini menggunakan teori penyebaran informasi oleh Everett Rogers, teori ini merupakan teori tentang bagaimana suatu ide gagasan maupun teknologi baru tersebar dalam sebuah kebudayaan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber, dimana terdiri oleh dua orang informan kunci yaitu CEO dan SMM dari komunitas Puwan, kemudian dua informan pendukung yaitu remaja Banjarmasin yang juga merupakan followers dari akun Instagram @puwan.id.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya strategi komunikasi yang digunakan oleh komunitas Puwan. Dimana dalam strategi komunikasi terdapat : mengenal khalayak, Menyusun pesan, dan seleksi metode memiliki hasil yang efektif dan menetapkan metode yang masih kurang efektif. Dengan kata lain komunitas Puwan menjalankan sebagian besar strategi komunikasi dalam membangun pemberdayaan perempuan lewat media sosial Instagram.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Komunitas, Pemberdayaan Perempuan, Puwan