Abstract:
ABSTRAK
Raihanah, 2022. Perilaku Konsumtif Komunitas Army South Borneo Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II) Reski P.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Army South Borneo.
Army South Borneo Banjarmasin merupakan komunitas penggemar grup idola yang bernama BTS. Memiliki anggota 100 sampai 200 orang, komunitas ini memiliki anggota terbanyak di Banjarmasin.Hal-hal yang berkaitan dengan menyukai idola identik dengan membeli barang yang berhubungan idola tersebut yang bisa jadi berlebihan kemudian hal ini disebut dengan perilaku konsumtif. Selaras dengan ini penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek konsumtif komunitas Army south borneo Banjarmasin, serta faktor penyebab melakukan perilaku konsumtif komunitas Army south borneo Banjarmasin.
Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif. Telah dilaksankan dikomunitas Army south borneo Banjarmasin, serta dipilih sebanyak tiga orang penggemar K-pop sebagai informan yang ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor internal perilaku konsumtif terbagi menjadi dua yaitu menyenangkan dirinya sendiri dan mempunyai pekerjaan. (2)faktor eksternal yang mempengaruhi perilaku konsumtif terbagi menjadi dua yaitu pengaruh teman dan karena gengsi.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembeli agar lebih memikirkan apa yang ingin dibeli apakah perlu atau masih kebutuhan yang masih bisa ditunda.