Abstract:
Kajian mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa telah banyak dilakukan dengan berbagai tipe yang digunakan dan variasi hasil penelitian. Peneliti sekarang lebih menggantungkan diri pada rangkuman penelitian yang tersedia. Penelitian meta analisis bertujuan untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa dengan karakteristik studi berupa tipe model pembelajaran kooperatif, jenjang pendidikan dan materi yang diajarkan. Data diperoleh melalui proses seleksi yang telah memenuhi kriteria tertentu. Dengan menggunakan software Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0, effect size dari 16 studi primer dianalisis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan effect size tergolong pada kategori kecil; (2) Berdasarkan tipe model pembelajaran kooperatif yang digunakan, effect size-nya tergolong pada kategori kecil dan paling berpengaruh adalah tipe CIRC; (3) Berdasarkan jenjang pendidikan, effect size-nya tergolong pada kategori kecil dan paling berpengaruh pada jenjang SD; dan (4) Berdasarkan materi yang diajarkan, pengaruhnya berada pada kategori efek kecil dengan paling berpengaruh jika diterapkan pada materi turunan. Hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi baik bagi pembuat kebijakan maupun praktisi pendidikan matematika di lapangan
Kata kunci: Meta analisis, model pembelajaran kooperatif, hasil belajar matematika