Abstract:
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SUNGAI
LULUT 7
ABSTRAK
Video pembelajaran adalah salah satu cara alternatif dalam rangka meningkatkan
minat belajar siswa yaitu menggunakan video pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu
1) Mengembangan Video Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas IV SDN Sungai Lulut 7. 2) Mengetahui kelayakan Pengembangan Video
Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV
SDN Sungai Lulut 7. 3)Mengetahui peningkatan minat belajar siswa di SDN Sungai
Lulut 7. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan 4D (four-D). Tahapan penelitian pengembangan ini
ada empat, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development
(pengembangan), dan Disseminate (penyebarluasan). Hasil penilaian data validasi oleh
validator diperoleh persentase ahli intrumen dengan kategori sangat layak, ahli materi
dengan kategori sangat layak, ahli media dengan kategori sangat layak, ahli naskah dan
Bahasa dengan kategori sangat layak. Uji coba yang dilakukan kepada siswa
menunjukkan bahwa skor keseluruhan reponden berjumlah 14 dengan kategori sangat
layak. Hasil pengujian meningkatkan minat belajar siswa dikategorikan sedang. Dari hasil
uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran mari melaksanakn salat
layak digunakan sebagai video pembelajaran siswa.
Kata kunci: pengembangan, video pembelajaran, pendidikan agama islam, mari
melaksankan salat