Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tantangan yang dialami oleh calon guru bahasa Inggris dalam manajemen kelas selama praktik pengajaran online. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Lambung Mangkurat. Partisipan penelitian berjumlah 16 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan tantangan yang dialami oleh guru bahasa Inggris prajabatan (mahasiswa PPL) dalam praktik mengajar mereka adalah data kuota yang terbatas dan internet yang tidak stabil, keterbatasan guru bahasa Inggris prajabatan dalam mengendalikan semua siswa secara nyata dan langsung, masih banyak siswa yang tidak mematuhi tata tertib, kesulitan dalam menetapkan aturan penggunaan seragam sekolah pada saat pembelajaran daring, kesulitan dalam menjalin interaksi dan komunikasi yang baik, siswa yang lebih pasif (partisipasi kelas rendah), kurangnya diskusi di kelas daring, kesulitan dalam menyampaikan materi dalam bahasa Inggris penuh, kesulitan dalam membangun motivasi siswa, kurangnya perhatian siswa selama kegiatan belajar mengajar, kurangnya ketepatan waktu siswa untuk kelas online, keterbatasan waktu yang tersedia di kelas online, dan kesulitan dalam menetapkan sanksi nyata untuk siswa yang melanggar peraturan.