Abstract:
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut sekolah untuk menyediakan dan mengembangkan sumber belajar. Temuan di sekolah SMP Negeri 1 Banjarmasin adalah minimnya pengalaman yang dimiliki guru dalam menggunakan beragam sumber belajar yang tepat, maka dibutuhkan sebuah inovasi untuk mengembangkan sumber belajar. Dari masalah tersebut peneliti berinovasi untuk mengembangan sumber belajar digital berbasis web. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui proses pengembangan sumber belajar digital berbasis web pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Banjarmasin. Selanjutnya yang kedua adalah untuk mengungkap ada dan tidaknya peningkatan minat belajar siswa kelas VII setelah menggunakan hasil pengembangan sumber belajar digital berbasis web mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Jenis penelitian dan pengembangan (R&D) ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan model pengembangan Alessi & Trollip. Hasil penelitian dan pengembangan (R&D) ini telah dinyatakan sangat layak dengan skor persentase rata-rata ahli desain web 86?n ahli materi 82%. Sumber belajar digital berbasis web juga dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Banjarmasin melalui perhitungan uji n-gain dari minat awal dan akhir dengan hasil rata-rata nilai n-gain 0,70 yang termasuk dalam klasifikasi sedang.