Abstract:
Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik menggunakan waktu luangnya untuk 1. Kegiatan Santai (Relaxation Activity) dengan persentase sebesar 44,67% (sering), 37,49% (kadang-kadang), 12,17% (pernah) dan 5,65% (tidak pernah), 2. Kegiatan Hiburan (Entertaiment Activity) dengan persentase sebesar 23,16% (sering), 47,63% (kadang-kadang), 12,82% (pernah) dan 17,08% (tidak pernah), serta 3. Kegiatan Pengembangan Diri (Personal Development Activity) dengan persentase sebesar 16,58% (sering), 27,57% (kadang-kadang), 21,42% (pernah), dan 34,42% (tidak pernah). Dari hasil penelitian di atas di ketahui bahwa penggunaan waktu luang peserta didik SMP Negeri Kabupaten Barito Kuala termasuk sedang. Pemanfaatan waktu luang untuk aktivitas fisik termasuk tinggi dengan persentase sebesar 41?ngan kegiatan bersepeda/gowes dan bermain bulutangkis. Serta minat peserta didik dalam mengembangkan kemampuan diri tergolong rendah dengan persentase sebesar 36%. Hal ini terjadi akibat lebih dari 2 tahun mengalami pandemi covid-19 yang mengharuskan peserta didik stay at home sehingga mereka mengalami kurang gerak jika di biarkan terus menerus maka akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik peserta didik.
Kata kunci: Pemanfaatan, waktu luang, peserta didik