Abstract:
Pada saat ini sedang terjadi masa transisi pada pendidikan di Indonesia yang dimana pentingnya penyesuaian diri pada keterlibatan siswa secara aktif disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan student engagement pada siswa SMAN 2 Banjarbaru. Responden dalam penelitian ini ialah 80 orang siswa kelas XI di SMAN 2 Banjarbaru. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah cluster random sampling. Metode analisis data menggunakan skala adaptasi dari penyesuaian diri dengan student engagement. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara penyesuaian diri dengan student engagement pada siswa SMAN 2 Banjarbaru dengan korelasi 0,594 dan taraf signifikansi 0,000. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara dua variabel dengan arti semakin tinggi penyesuaian diri pada siswa maka semakin tinggi pula perilaku student engagement siswa dan sebaliknya ketika penyesuaian diri rendah maka perilaku student engagement pada siswa juga akan rendah.