Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan guru PPKn SMAN 1 Kotabaru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengimplementasian dalam sikap tanggung jawab siswa agar dalam pengembangan proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksankan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian yang didapat pada SMAN 1 Kotabaru : (1) perencanaan yang dilaksanakan kepada guru ketika menerapkan tanggung jawab sosial yaitu untuk mempersiapkan siswa agar selalu mempunyai rasa sosial terhadap guru maupun teman dikelas, untuk sikap tanggung jawab guru memberi arahan atau diskusi terhadap siswa agar memiliki tanggung jawab sosial. (2) pelaksanaan yang guru lakukan dalam pengembangan sikap tanggung jawab Sosial yaitu dengan melakukan kegiatan positif untuk saling melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk oran-orang di sekitar. (3) evaluasi yang perlu dilaksanakan oleh guru yaitu guru harus memiliki rasa tanggung jawab sosial agar tidak ada kesenjangan dilingkungan sekolah. Berdasarkan penjelasan dari penelitian tersebut disarankan kepada guru, alangkah baiknya menyiapkan dengan lebih baik lagi dalam implementasi perencanaan pembelajaran yang memuat nilai social responsibility agar membuat kegiatan belajar lebih menarik dan juga meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Selain itu para guru harus mengimplementasikan sikap social responsibility untuk teladan para siswa.