Abstract:
Strategi penguatan nilai-nilai demokrasi adalah sebuah taktik atau cara yang dipersiapkan dengan sangat matang sebelum dimulainya pembelajaran dikelas, dengan menggunakan metode-metode khusus untuk penerapan dalam pembelajaran. Mata pelajaran PPKn adalah salah satu mata pelajaran untuk mengarahkan dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai demokrasi yang terkandung dalam sikap dan tindakan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan (i) Bagaimana strategi guru dalam memberi penguatan nilai-nilai demokrasi melalui pembelajan PPKn di SMAN 1 Kuripan, (ii) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam memberi strategi penguatan nilai-nillai demokrasi melalui pembelajaran PPKn di SMAN 1 Kuripan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (i) Strategi guru dalam memberi penguatan nilai-nilai demokrasi melalui pembelajan PPKn di SMAN 1 Kuripan sudah berjalan dengan baik, walau masih ada sebagian siswa yang sedikit kesulitan untuk menjalankannya (ii) Faktor pendukung merupakan faktor yang dominan sebagai pendorog strategi penguatan nilai-nilai demokrasi siswa seperti sarana dan pra sarana, budaya disiplin dan kepemimpinan serta penghambatnya dikembalikan lagi kepada pihak sekolah, guru mata pelajaran PPKn dan siswa.