Abstract:
Matematika ialah salah satu ilmu dasar yang penting serta mempunyai
beragam kegunaan. Namun, masih terdapat banyak peserta didik yang tidak menyukai
matematika sehingga mereka kesulitan untuk paham terhadap konsep pembelajaran.
Oleh karena itu, dilakukan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis Etnomatematika Pasar Terapung yang menjadi salah satu usaha dalam
membuat kemampuan peserta didik mengalami peningkatan agar paham terhadap
konsep pembelajaran sekaligus untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya
pasar terapung. Pada pembelajaran matematika, terutama materi sistem
pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV), peserta didik masih banyak mengalami
kesulitan untuk paham terhadap konsep. Penelitian ini bertujuan guna menghasilkan
LKPD dalam materi SPtLDV berbasis etnomatematika pasar terapung di kelas X
sekolah menengah atas yang valid. Metode penelitian Research and Development
(R&D) yang dipakai menjadi acuan tahapan untuk mengembangkan LKPD yaitu model
4D. Pada pengembangan LKPD ini hanya dilaksanakan hingga tahapan develop
(pengembangan), tepatnya uji validitas. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang ahli dan
diperoleh persentase rata-rata seluruh aspek penilaian LKPD sebesar 86%, artinya
LKPD termasuk kategori sangat valid. Sehingga, dihasilkan LKPD dalam materi
SPtLDV berbasis etnomatematika pasar terapung di kelas X sekolah menengah atas
yang valid.