Abstract:
ABSTRAK
Azwar Aminullah, 1610413610005: “Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Agung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong”. Di bawah bimbingan Ellisa Vikalista.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur mengukur tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik di Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebar kuesioner. Populasi penelitian adalah penduduk Kelurahan Agung, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehigga ditentukan sampel sebanyak 100 orang. Jenis data yang menjadi sumber data yaitu data kuantitatif. Teknik analisis data melalui tahapan memeriksa/ editing, memberi kode/coding dan tabulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kelurahan Agung mendapatkan skor 73.5 yang berada pada interval 65,00 – 76,60 yang berada pada tingkat “C” yang artinya termasuk kategori kurang baik. Dari sembilan unsur pelayanan yang diteliti, unsur pelayanan mendapatka nilai indeks tertinggi dengan IKM sebesar 91 (sangat baik), dan nilai indeks terendah yaitu unsur waktu pelayanan dengan IKM sebesar 60,00 (tidak baik). Unsur persyaratan dan unsur biaya/tarif secara berturut turun mendapat nilai IKM sebesar 86,25 dan 82,5 (baik). Lima dari 9 unsur pelayanan yang diteliti yakni: produk spesifik pelayanan, kompetensi petugas pelayanan, perilaku petugas pelayanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan pelayanan serta sarana dan prasarana pelayanan secara berturut-turut mendapapatkan nilai IKM 66,25; 75; 70; 73,75; dan 66,25 (kurang baik)
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Kantor Kelurahan Agung untuk meningkatkan pelayanannya, terlebih pada unsur pelayanan jangka waktu, menempatkan petugas yang tepat dan kompeten, memberikan informasi mengenai prosedur pelayanan. Adapun kepada masyarakat untuk lebih terlibat dalam mencari informasi mengenai pelayanan publik dan tidak takut untuk melaporkan keluhan dan penyimpangan-penyimpangan penyelenggaraan pelayanan publik kepada Ombudsman RI atau lembaga terkait.
Kata Kunci: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan, Kelurahan Agung