Abstract:
ABSTRAK
Heru Wulandari, D1A215218, 2022, Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengunjung Kafe Liwi’s Pizzeria Banjarmasin. Di bawah bimbingan: M. Hasanur Arifin.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara parsial dan simultan pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Promosi (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) Pada Pengunjung Kafe Liwi’s Pizzeria Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian hal ini didapat berdasarkan nilai signifikansi sebesar (0,305 > 0,05) sehingga hipotesis pertama (H1) penelitian ini ditolak. Sedangkan variabel Promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian hal ini didapat berdasarkan nilai signifikansi sebesar (0,001 < 0,05) sehingga hipotesis kedua (H2) penelitian ini diterima. Pada pengujian secara simultan variabel Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) sehingga hipotesis ketiga (H3) penelitian ini diterima. Kemudian berdasarkan uji koefisien determinasi yang memiliki nilai R Square sebesar 0,401, artinya variabel Kualitas Produk dan Promosi mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 40,1% sedangkan sisanya 59,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian.