Abstract:
Penelitian ini masuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mengetahui pemanfaatan E-Learning Ruangguru sebagai media pendukung proses pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Banjarmasin. 2) Mengetahui peningkatkan hasil belajar melalui E-Learning Ruangguru pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Banjarmasin dengan penerapan media E-Learning ruangguru dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment tipe nonequivalent control group design dan memakai teknik simple random sampling. Hasil penilaian data validasi saat menguji dalam lingkup validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal menggunakan SPSS 16.0 berada dikategori sangat layak. Tes percobaan yang dilaksanakan untuk siswa memperlihatkan bahwasannya skor semua responden dengan jumlah 42 pada kategori sangat layak. Hasil pengujian pemakaian e-learning ruangguru dalam hal sebuah peningkatan hasil belajar siswa melalui analisis uji Independent Sample T-Test hasilnya didapat nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka bisa diberi sebuah simpulan bahwasannya terdapat peningkatan signifikan e-learning ruangguru dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, E-Learning, Ruangguru, Hasil Belajar.