Abstract:
Siti Rahmah, 2023. Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Peningkatan Karakter Rasa
Ingin Tahu dan Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
(Pembimbing I : Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd. Pembimbing II :
Mahmudah Hasanah M.Pd. ).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan literasi terhadap
peningkatan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar mahasiswa fakultas keguruan dan
ilmu pendidikan universitas lambung mangkurat. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan metode ex post facto. Subjek
penelitian terdiri dari 338 mahasiswa dari semua mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan Banjarmasin, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online untuk
uji validitas dan reliabilitas, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan
regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengaruh antara
literasi, rasa ingin tahu dan hasil belajar di Universitas Lambung Mangkurat secara
keseluruhan masih tergolong baik dan cukup. Hal ini berdasarkan pada data yang diperoleh
dari hasil penelitian terdapat nilai signifikan untuk Pengaruh Literasi (X) terhadap Rasa
Ingin Tahu (Y1) adalah sebesar 0,036t tebal 1,967, sehingga
dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima yang berarti terdapat pengaruh antara Literasi
(X) terhadap Rasa Ingin Tahu (Y1) dan kreteria untuk pengaruh kegiatan literasi
terhadap peningkatan karakter rasa ingin tahu menunjukkan hasil rendah. Kemudian
terdapat nilai signifikan untuk Pengaruh Literasi (X) terhadap Hasil Belajar (Y2) adalah
sebesar 0,010t tebal 1,967, sehingga dapat disimpulkan
bahwa H1 dapat diterima yang berarti terdapat pengaruh antara Literasi (X) terhadap Rasa
Ingin Tahu (Y2). kreteria untuk pengaruh kegiatan literasi terhadap peningkatan hasil
belajar menunjukkan hasil sangat rendah.
Kata kunci : Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Literasi