Abstract:
ABSTRAK
Roberto Pamuka Manik D1C114254, Peranan Public Relations Aston Tanjung City Hotel dibawah bimbingan Sarwani dan Noviana Sari
Aston Tanjung City Hotel adalah salah satu berbintang 3 yang ada di Kabupaten Tabalong yang berdiri pada tanggal 26 juli 2009 diresmikan saat itu Bupati Tabalong H. Rahmat Ramsyi, M.Si yang beralamat di jl. Mabu’un Kecematan Murung Pudak Kabupaten Tabalong Kalimantan selatan.
Latar belakang dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan Public Relations Aston Tanjung City Hotel dalam meningkatkan penjualan kamar. Serta tujuan penelitian ini dilakukan oleh peneliti adalah untuk mendapatkan data- data mengenai peranan public relations dalam meningkatkan penjualan kamar
Pendekatan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe penelitian yang di gunakan adalah tipe deskriftif dengan menganalisa peran Public Relations menurut Cutlip, Center dan Broom (2009:46) yaitu peran humas sebagai penasehat ahli, peran humas sebagai fasilitator proses pemecah masalah, peran humas sebagai fasilitator komunikasi, dan peran humas sebagai teknisi komunikasi
Hasil dari penelitian ini menunjukan peran public relations Aston Tanjung City Hotel mengenai penjualan kamar hotel sudah cukup baik. Public Relations sesegara mungkin melakukan inovasi dan promosi apabila penjualan kamar hotel menurun dan mengevaluasinya terlebih dahulu mengapa penjualan kamar menurun. Public Relations Aston Tanjung City Hotel selalu bersikap cepat dalam mengatasi masalah termasuk keluhan pada pelanggan supaya penjualan kamar akan selalu signifikan tidak terjadi penurunan drastis.
Kata kunci: Peran Public Relations, Peran Public Relations Aston Tanjung City Hotel