Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas pengajar dan siswa serta menganalisis peningkatan hasil belajar dalam muatan IPA materi “Daur Hidup Hewan” dikelas IV SDN Belitung Utara 3 Banjarmasin Barat. Peneitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis PTK. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan aktivitas pendidik dari pertemuan 1 – 3 memperoleh skor 25 menjadi 31 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan 1 – 3 memperoleh presentase klasikal 43.75% menjadi 93.75?ngan kategori “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 – 3 memperoleh presentase 50% menjadi 87.5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa ditarik kesimpulan kalau terjadi peningkatan kegiatan pendidik, aktivitas peserta didik, serta hasil belajar dengan menggunakan model Discovery Learning, Numbered Head Together, Picture and Picture.