Abstract:
Amali, Siti Noorhafidzah. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA Dengan Menanamkan Karakter Wasaka Menggunakan Model DREAM Dan Media Audio Visual Di SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Muhsinah Annisa, S.Si., M. Pd.
Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Muatan IPA, Karakter Wasaka, DREAM Dan Media Audio Visual.
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siwa terhadap muatan IPA pada materi gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala. Penyebab dari masalah tersebut adalah kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik, siswa kurang memahami konsep pembelajaran. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan Model DREAM Dan Media Audio Visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar muatan IPA materi gaya dan gerak pada siswa kelas 4 SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala.
Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas 4 Semangat Dalam 5 Barito Kuala yang berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstabel. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 23 – 29 dan 30 – 36 dengan klasikal ?80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ?70 KKM dengan klasikal ?80%.
Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru dengan presentase 91% kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dengan presentase klasikal 100% kriteria “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa dengan presentase klasikal 100% Kriteria “Seluruhnya”.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Model DREAM Dan Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran IPA khususnya materi gaya dan gerak serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.