Abstract:
Rumah Sakit merupakan penyedia pelayanan kesehatan secara paripurna yang menyelenggarakan pelayanan gawat darurat, rawat jalan, dan rawat inap. Rumah sakit merupakan bagian internal dari sistem kesehatan. Rumah sakit memiliki berbagai jenis pelayanan kesehatan yang dapat menjadi unggulan dalam menjaga loyalitas pasien sehingga pasien terus melakukan kunjungan ulang. Dengan meningkatkan kunjungan pasien ke rumah sakit, rumah sakit harus mampu menampilkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar dan harapan pasien. Metode penulisan yang digunakan adalah kajian pustaka (literature review) dengan jenis scoping review. Hasil yang didapatkan berdasarkan 10 studi terdahulu mengenai adanya hubungan mutu pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien ke rumah sakit berdasarkan dimensi bukti fisik (tangibles) terdapat 9 studi, dimensi kehandalan (reliability) terdapat 9, dimensi ketanggapan (responsiveness) 8 studi, dimensi jaminan (assurance) terdapat 7 studi , dan untuk dimensi empati (emphaty) terdapat 8 studi. Saran yang dapat diberikan agar peneliti lain dapat menggunakan literature review ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian. Rumah sakit diharapkan dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pasien agar loyalitas pasien terhadap rumah sakit tetap terjaga dan kesediaan untuk melakukan kunjungan ulang pada saat pelayanan kesehatan dibutuhkan.