Abstract:
Abstrak: Tujuan penelitian menganalisis bagaimana pembelajaran online dipengaruhi oleh pengembangan karakteristik tanggung jawab siswa di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Penelitian termasuk dalam deskriptif kuantitatif menggunakan SMART PLS. Jumlah responden 63 orang siswa. Dapat disimpulkan (1) memiliki nilai frekuensi 63 (100%) jenjang interval 17–23, mengkategorikan sedang. Tanggung jawab 63 atau 100% skala 70–83, mengkategorikan sedang. (2) Pembelajaran online terhadap pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas ekonomi pengaruh sebesar 19,792 (0,000) P-values. (3) Instrumen pembelajaran daring menyangkut “Selama pembelajaran daring, saya menggunakan buku dan internet untuk mencari referensi mata pelajaran yang saya butuhkan dengan nilai 7.983 Jenis instrumen Tanggung jawab menyangkut “Saya mengikuti pembelajaran daring tepat waktu dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan sekolah” instrumen 17.895.
Kata Kunci: belajar daring, Karakteristik tanggung jawab, Pandemi Covid-19