Abstract:
Media pembelajaran interaktif berbasis web merupakan cara penyampaian materi pembelajaran secara interaktif melalui internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa bergantung pada guru dan tidak terbatas waktu pelajaran disekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan dan (2) bagaimana menganalisis kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini terdiri dari 23 orang peserta didik dan 1 orang guru mata pelajaran IPA kelas IX di MTs Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan : (1) media pembelajaran dikatakan valid dengan kategori sangat tinggi ditinjau dari hasil validitas materi dan validitas media, (2) media pembelajaran dikatakan praktis ditinjau dari hasil respon peserta didik dan respon guru, dan (3) media pembelajaran dikatakan efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik yang memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 78,26?n hasil uji n-gain dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan karena telah memenuhi kriteria kelayakan dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mempelajari materi tanah dan keberlangsungan kehidupan.
Kata kunci : Media pembelajaran interaktif, tanah dan keberlangsungan kehidupan, metode demonstrasi