Abstract:
Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar yaitu kurang maksimalnya penyampaian materi, media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang ada disekolah, dan Kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Mendeskripsikan proses tahapan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA, Menganalisis bagaimana kelayakan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, Membuktikan pengembangan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and evelopment (R&D) dan modelnya pengembangan 4D (four-D), terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate. Berdasarkan hasil penilaian kedua ahli materi dapat diperoleh dari validator I sebesar 92?ngan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 93?ngan kategori “sangat layak”, hasil penilaian kedua ahli media dapat diperoleh dari validator I sebesar 90?ngan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 86?ngan kategori “ layak”, hasil penilaian ahli naskah dan bahasa dapat diperoleh dari validator sebesar 86?ngan kategori “layak”, peningkatan hasil belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 0.9 dengan kategori “Tinggi”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa video pembelelajaran Ilmu Pengetahuan alam layak digunakan sebagai video pembelajaran bagi siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar dalam kategori tinggi.
Kata Kunci:Pengembangan video pembelajaran, ilmu pengetahuan alam, mengenal sistem organisasi kehidupan