Abstract:
Bahan ajar dibutuhkan dalam proses belajar mengajar agar memudahkan peserta didik dalam menemukan konsep. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Di dalam LKPD tersebut penggunaan masalah yang sesuai dengan situasi yang ada pada lingkungan sekitar dapat membuat peserta didik berpikir kritis dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan LKPD bercirikan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi pecahan yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model Plomp. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD yang dihasilkan termasuk valid, dengan nilai validitas sebesar 3,28, (2) LKPD yang dihasilkan termasuk praktis, karena nilai praktikalitas dari angket respon peserta didik sebesar 3,2 dan dari angket respon pendidik sebesar 3,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD bercirikan Pendidikan Matematika Realistik (RME) yang dihasilkan telah valid dan praktis.
Kata kunci: LKPD, Pendidikan Matematika Realistik (PMR)