Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kebugaran jasmani dari aspek frekuensi aktivitas fisik peserta didik SMPN 6 Martapura.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang dilakukan dengan tes kebugaran jasmani indonesia dan kuesioner.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 peserta didik SMPN 6 Martapura yang berusia antara 13-15 tahun. Dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran jasmani peserta didik SMPN 6 Martapura tidak ada peserta didik yang berada diklasifikasi “Baik Sekali” yaitu (0%), sebanyak 2 peserta didik pada klasifikasi “Baik” yaitu (2%), sebanyak 15 peserta didik pada klasifikasi “Sedang” yaitu (15%), sebanyak 64 peserta didik pada klasifikasi “Kurang” yaitu (64%), sebanyak 19 peserta didik pada klasifikasi “Kurang Sekali” yaitu (19%).
Kemudian dianalisis menggunakan hasil TKJI dan kuesioner teori FITT dari aspek frekuensi, diketahui klasifikasi kebugaran jasmani peserta didik SMPN 6 Martapura dalam klasifikasi “Kurang”.
Kata kunci : Analisis, Kebugaran jasmani, Frekuensi Aktivitas Fisik, SMPN 6 Martapura