Abstract:
Materi SIG adalah salah satu materi yang relatif sulit dibandingkan dengan materi lain, karena penyampaian materi SIG dan tahapan pengerjaannya memerlukan pemahaman materi dan keahlian khusus dalam penggunaan media komputer. Penelitian dilaksanakan di SMA/MA Negeri dan Swasta yang berada di Kota Banjarmasin dengan tujuan penelitian adalah mengetahui kendala dalam pembelajaran geografi materi SIG oleh guru geografi, responden penelitian adalah guru di SMA/MA Kota Banjarmasin yang mengajar materi SIG di SMA/MA Kota Banjarmasin yang berjumlah 41 guru, 15 laki-laki 26 perempuan. penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif dengan purposive sampling digunakan dalam teknik pemnagmbilan sampel. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kendala guru geografi dalam kajian Geografi materi SIG di SMA/MA Banjarmasin antara lain: (a) Metode pembelajaran guru tidak sesuai dengan materi SIG, guru masih mengalami kendala dalam memahami dan mengajarkan mate ri tahapan kerja dan keterampilan SIG, yang menciptakan hambatan untuk memahami dan mentransmisikan materi, pelatihan tentang materi pemetan baru diadakan satu kali. (b) Guru mengalami kendala dalam pengetahuan untuk menggunakan perangkat lunak SIG, dan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran SIG sangat minim. (c) Kendala sarana prasarana pembelajaran materi SIG: aplikasi SIG belum disediakan disekolah, buku-buku yang terkait materi SIG belum lengkap, dan guru belum menggunakan laboratorium komputer untuk kegiatan pembelajarannya.
Kata Kunci : kendala guru, pembelajaran geografi, sistem informasi geografis