Abstract:
Pengembangan media pembelajaran dalam bidang ilmu teknologi mempunyai peran untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara memanfaatkan sumber sumber teknologi yang tepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada materi bangun datar dengan metode problem based learning. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode R&D dengan model ADDIE. Penelitian media pembelajaran ini menggunakan subjek sebanyak 13 orang siswa dan 1 orang guru SD Negeri 2 Pemangkih. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan tes hasil belajar. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi materi dan media, soal tes hasil belajar, serta lembar respon pengguna. Berdasarkan hasil dari penelitian, pengembangan media pembelajaran bangun datar tersebut menggunakan model pengembangan ADDIE, teknologi yang digunakan antara lain Unity, Coreldraw, Visual Studio Code, HTML, CSS, Javascript, Firebase, dan Netlify. Kelayakan media pembelajaran dapat diketahui dengan hasil uji kevalidan oleh 2 orang pakar materi dengan kriteria kevalidan tinggi dan 2 orang pakar media dengan kriteria kevalidan sangat tinggi. Hasil respon pengguna diperoleh dari siswa dan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan kriteria praktis. Hasil analisis uji N-gain yang diperoleh kategori tingkat keefektifan sedang dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dinyatakan layak digunakan.
Kata kunci: media pembelajaran interaktif berbasis android, bangun datar, metode problem based learning