Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian prestasi olahraga adaptif bidang tenis meja bagi tunanetra di SLB A Negeri 3 Martapura. Pembinaan prestasi pada bidang olahraga bisa mencapai dengan latihan berprogres, terukur dan teratur dengan menggunakan berbagai macam ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembinaan olahraga adaptif tenis meja bagi tunanetra yang dilakukan di SLB A Negeri 3 Martapura. Jenis penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yaitu, kepala sekolah, guru olahraga, pelatih tenis meja dan siswa. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data ini dilakukan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan strategi pembinaan tenis meja yang dilakukan di SLB A Negeri 3 Martapura yaitu dengan merencanakan dan melaksanakan 1) pembinaan latihan persiapan dengan menyiapkan buku dan pelaratan untuk latihan tenis meja seperti bola, meja dan net, pelaksanaan latihan tenis meja dengan memberikan teori terlebih dahulu kemudian baru permainan dimodifikasi sehingga anak tidak mudah bosan lalu memperkenalkan dasar-dasar taktik, fisik melatih serta mengembangkan keterampilan teknik mental cabang tenis meja 2) pembinaan latihan pembentukan perencanaanya dengan menyediakan tempat latihan untuk tenis meja dan pelaksanaan berupa penerapan dasar latihan fisik, teknik, taktik, dan mental 3) pembinaan latihan pemantapan perencanaanya membuat jadwal latihan bertujuan untuk membantu siswa dalam memanajemen waktu pada saat latihan dan pelakasanaan latihan pemantapan dengan menerapkan empat aspek berikut: latihan fisik, latihan teknik, latihan taktik, dan latihan mental.