Abstract:
ABSTRAK
Adhiyah, Nurul. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPS Tema 7
Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model (Student
Teams Achievement Division, Teams Games Turnament dan Course Review
Horay) pada Siswa Kelas 4 SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin Utara Skripsi
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing
Drs. Mahmuddin, M.Pd
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model (Student Teams Achievement
Division, Teams Games Turnament dan Course Review Horay)
Masalah yang terjadi di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin adalah dampak hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema 7 indahnya
keragaman di negeriku materi keberagaman suku bangsa, bahasa daerah dan rumah
adat di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas
guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa di kelas 4. Salah satu
upaya meningkatkan pembelajaran yaitu melalui kombinasi model (Student Teams
Achievement Division, Teams Games Turnament dan Course Review Horay).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Jenis data dalam
penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui
tes tertulis secara individu maupun kelompok. Data kualitatif diperoleh melalui
observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis
yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator
ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan
mengalami peningkatan hingga mendapatkan skor 32 dengan kriteria sangat baik.
Hasil observasi aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan disetiap pertemuannya
hingga mencapai kategori sangat aktif dengan persentase 87%. Hasil belajar siswa
selalu mengalami peningkatan disetiap pertemuannya mencapai kategori sangat baik
dengan ketuntasan klasikal 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
(Student Teams Achievement Division, Teams Games Turnament dan Course Review
Horay) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi
kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan
sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.