Abstract:
Media pembelajaran merupakan suatu perantara dengan memberi impuls, menarik perhatian, serta kemauan untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Salah satu bentuk media pembelajaran adalah media pembelajaran interaktif berbasis web yang didalamnya memuat teks, video, gambar, latihan dan evaluasi yang masih jarang di temui. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan metode demonstrasi pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII SMP/MTs yang di tinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan teknologi HTML, CSS, Boostrap4, JavaScript, JSON, dan Firebase. Subjek uji coba terdiri daari 16 orang peserta didik kelas VII di MTsN 2 Banjar. Data hasil penelitian menunjukan: (1) Media pembelajaran dinyatakan valid dengan kategori tinggi ditinjau dari penelitian validitas materi sebesar 93,75?n validitas media sebesar 81,25% (2) Media pembelajaran tergolong praktis ditinjau dari respon guru dan respon siswa yang menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif, dan (3) Media pembelajaran dikatakan efektif dalam kategori sedang ditinjau dari hasil belajar siswa dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0.57%. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang terlah dikembangkan telah valid. Praktis dan efektif layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media pembelajaran web, pencemaran lingkungan, metode demonstrasi