Abstract:
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian tugas yang dilakukan guru mata pelajaran Ekonomi dengan semangat belajar siswa SMA Negeri 1 Bati-Bati yang duduk di kelas XI IIS. Penelitian ini berjenis asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, maka jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, yaitu 113 siswa. Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner, observasi, serta wawancara, sedangkan analisis data didapat dari analisis statistik deksriptif dan analisis korelasi product moment. Berdasarkan uji hipotesis, hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pemberian tugas dari guru dengan semangat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bati-Bati. Terbukti dengan didapatkannya signifikansi 0,037, yang berarti 0,037 < 0,05. Diharapkan bagi pihak guru agar dapat menerapkan beberapa kali metode pemberian tugas dalam pembelajaran karena dalam hasil penelitian ini dikatakan bahwa hubungan antara pemberian tugas oleh guru dengan semangat belajar siswa adalah hubungan yang positif.
Kata Kunci: Pemberian Tugas, Semangat Belajar