Abstract:
ABSTRAK
Arif, Muhammad Fahmi. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi
Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Project Examples
Team Assisted Individualization. Skripsi Program Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati,
S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Bangun Datar, Project Based Learning,
Examples Non Examples, Teams Assisted Individualization
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat aktivitas dan
hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Hal ini dikarenakan siswa sulit
memahami konsep materi, tidak aktif dan kurang antusias dalam proses
pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang abstrak dan
berpusat pada pendidikan, penyampaian materi pembelajaran yang tidak didukung
oleh media pembelajaran yang konkrit, dan pembelajaran yang kurang terarah.
tidak diselingi dengan kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu dilakukan
upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran
menggunakan model Project Based Learning yang dipadukan dengan Example
Non Example dan Teams Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas siswa, dan
menganalisis hasil belajar siswa.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Setting penelitian adalah kelas IV SDN Basirih 5 Banjarmasin tahun
2021/2022, dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data
dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator
keberhasilan penelitian ini adalah peserta didik dapat mencapai nilai ?65 untuk
ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan
klasikal, serta aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa
mencapai kriteria “Sangat Aktif”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan
pertama memperoleh kriteria “Cukup Baik”, pertemuan kedua kriteria “Baik”,
pertemuan ketiga kriteria “Sangat Baik” Pertemuan keempat kriteria “Sangat
Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan pertama memperoleh kriteria “Cukup
Aktif”, pertemuan kedua kriteria “Aktif”, pertemuan ketiga kriteria “Sangat
Aktif”, dan Pertemuan keempat kriteria “Sangat Aktif” . Hasil belajar peserta
didik pada pertemuan pertama belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan
kedua juga masih belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan ketiga sudah
mencapai ketuntasan klasikal, dan Pertemuan keempat sudah mencapai ketuntasan
klasikal.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Project
Based Learning kombinasi dengan Examples Non Examples dan Teams Assisted
Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika
materi bangun datar peserta didik kelas IV SDN Basirih 5 Banjarmasin. Saran
yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidik untuk
memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta
didik.