Abstract:
Pengangguran di Indonesia terjadi akibat munculnya perbandingan antara jumlah penawaran kesempatan kerja yang lebih sedikir dengan jumlah lulusan atau penawaran tempat kerja baru yang dihasilkan Perguruan Tinggi. Salah satu solusi bagi lulusan Perguruan Tinggi yaitu dengan berwirausaha yang mana telah diajarkan saat berkuliah. Mata Kuliah Tata Rias dan Kewirausahaan dapat menjadi sebuah ide untuk membuka wirausaha yaitu dibidang jasa makeup artist. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan uji normalitas, uji kecenderungan, analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menjelaskan : Seluruh variabel penelitian berdistribusi normal, memiliki hubungan dan memberikan pengaruh sebesar 93% secara simultan terhadap jasa makeup artist, hal ini dapat dilihat bahwa Mata Kuliah Tata Rias memberikan pengetahuan umum tentang kecantikan dan begitu juga dengan Kewirausahaan memberikan pengetahuan tentang cara merintis suatu wirausaha, sehingga mahasiswa termotivasi untuk mengaplikasikan dan mengasah kemampuan untuk membuka bisnis dibidang jasa makeup artist.
Kata Kunci : Tata Rias, Kewirausahaan, Jasa Makeup Artist