Abstract:
Setiap universitas memiliki peraturan yang bersifat akademis yang bertujuan
untuk mengatur mahasiswa agar dapat menyelesaikan proses pendidikan dengan
baik dan benar. Universitas Lambung Mangkurat mempunyai kumpulan peraturan
mengenai sistem pendidikan yang dimuat dalam buku pedoman akademik. Buku
Pedoman Akademik Universitas Lambung Mangkurat memuat bermacam regulasi
seperti jadwal, peraturan, langkah kegiatan, dan hukuman, yang merupakan
kontrol dalam sistem wacana kekuasaan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan wacana kekuasaan dalam Buku Pedoman Akademik Universitas
Lambung Mangkurat dapat mengontrol dan mendisiplinkan mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini
berupa kalimat yang merepresentasikan relasi kuasa berdasarkan perspektif
Michel Foucault. Sumber data penelitian ini Buku Pedoman Akademik Universitas
Lambung Mangkurat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan
catat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Buku Pedoman Akademik
Universitas Lambung Mangkurat terdapat dua wujud relasi kuasa, yaitu terhadap
tubuh dan pikiran. Hasil data menunjukkan bahwa wacana berupa kewenangan,
sistem penilaian, dan kurikulum, merupakan wujud relasi kuasa terhadap tubuh
mahasiswa, sedangkan wacana berupa standarisasi, normalisasi, dan stigmatisasi,
merupakan wujud relasi kuasa terhadap pikiran mahasiswa.